Inilah 5 manfaat telur yang baik untuk kesehatan

Manfaat telur yang baik untuk kesehatan

Manfaat telur yang baik untuk kesehatan- Mengkonsumsi telur secara teratur merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Salah satu bagian yang paling menyehatkan dari telur terletak pada kuningnya yang mengandung lebih dari 90 persen kalsium dan zat besi. Sedangkan pada bagian putihnya mengandung hampir setengah protein yang terkandung pada telur. Jadi bisa dibilang telur sangat bagus untuk menunjang kesehatan anda, apa lagi jika anda mengkonsumsinya disaat jam makan siang atau dijadikan cemilan di jam kerja yang padat. Informasi Jasa catering online kantoran dan rumahan murah di jakarta selatan.

Manfaat telur yang baik untuk kesehatan

Jika saat ini Anda belum mengkonsumsi telur secara teratur, dikutip dari besthealthmag.ca berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus mengkonsumsinya.

1. Kaya Akan Vitamin

Manfaat telur yang baik untuk kesehatan yang pertama adalah kaya akan vitamin. Satu butir telur mengandung berbagai macam vitamin yang penting untuk kesehatan Anda, Untuk lebih jelas berikut vitamin yang terkandung dalam telur :

  • Vitamin B2 (riboflavin) : Berguna untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.
  • Vitamin B12 (cobalamin) : Sangat penting untuk memproduksi sel darah merah.
  • Vitamin A (retinol) : Sangat bagus untuk menjaga atau memperbaiki kesehatan mata.
  • Vitamin E (tocopherol) : Berguna melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan sel, yang merupakan penyebab munculnya penyakit kanker.
  • Vitamin A dan B2 juga penting untuk pertumbuhan, jadi pastikan anak Anda selalu makan telur secara teratur.

Manfaat Telur Untuk Kesehatan

2. Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi telur bisa membantu menurunkan berat badan? Ini mungkin mengejutkan banyak orang yang menganggap telur sebagai penyebab badan menjadi gemuk dan menjadi tidak sehat. Tetapi hal ini berbanding terbalik dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Rochester Center for Obesity Research. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa mengonsumsi telur disaat sarapan dapat membantu membatasi asupan kalori hingga lebih dari 400 kalori sepanjang hari. Itu berarti Anda bisa kehilangan berat badan hingga 1,5kg atau lebih dalam 1 bulan bulan.

Ini mungkin karena telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga membuat Anda tidak mengkonsumsi camilan di pagi hari atau disaat makan siang.

3. Mengandung Mineral Penting

Dalam telur terkandung zat besi, Zinc dan fosfor yang merupakan mineral sangat penting untuk tubuh. Wanita membutuhkan banyak zat besi saat sedang haid, hal ini sangat penting agar anda tidak merasa lelah, lemas dan pemarah saat sedang haid. Selain itu Zinc yang terkandung  dalam telur dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Selain itu fosfor penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Dan, sebagai bonus, didalam telur terkandung beberapa unsur pelarut (mineral yang Anda butuhkan dalam jumlah kecil) seperti : yodium, diperlukan untuk membuat hormon tiroid serta selenium dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

4. Mengandung Protein Rendah Kalori

Sebutir telur berukuran sedang mengandung hanya 70 sampai 85 kalori dan sekitar 6,5 gram protein. Itu berarti tiga butir telur mengandung 210 sampai 255 kalori dan menyediakan 19,5 gram protein. Rata-rata kebutuhan wanita sekitar 50 gram sehari, jadi bisa dibilang mengkonsumsi 3 butir telur sehari hampir mengisi setengah dari maksimal asupan harian. (Kebutuhan protein tubuh bergantung pada berat dan tingkat aktivitas Anda).

Mengonsumsi lebih banyak telur seperti tiga butir telur yang dijadikan omelet, atau tiga butir telur rebus yang ditambahkan dengan roti panggang, akan membuat Anda kenyang berjam-jam. Baca juga 7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan

5. Mencegah kanker payudara

Manfaat telur yang baik untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat mencegah kanker payudara. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa remaja yang mengonsumsi telur secara rutin bisa membantu mencegah kanker payudara saat dewasa. Pada tahun 2005, penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya enam telur per minggu memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena kanker payudara daripada wanita yang makan dua atau lebih sedikit telur setiap minggunya.

Ditambah lagi, peneliti dari University of North Carolina menemukan bahwa kolin (hadir dalam kuning telur) dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 24 persen. Sebuah kuning telur mengandung 125,5 miligram kolin, sekitar seperempat asupan harian yang direkomendasikan. Jadi, dua telur rebus untuk sarapan pagi cukup untuk memenuhi asupan harian kolin yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Sekian informasi mengenai manfaat telur yang baik untuk kesehatan dari kami. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk menshare artikel ini ya. Terima Kasih.