7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan tubuh Manusia

7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan – Siapa yang tak mengenal unggas yang satu ini. Ayam merupakan salah satu makanan yang paling digemari di seluruh dunia. Tapi taukah kamu, jika daging ayam memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia.

7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan

Salah satu manfaat daging ayam untuk kesehatan adalah mampu menyediakan pasokan protein, vitamin penting, dan mineral untuk tubuh. Selain itu juga dapat membantu menurunkan berat badan, mengendalikan kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi risiko kanker. Dikutip dari organicfacts.net berikut 7 manfaat daging ayam untuk kesehatan. Informasi : Jasa Catering Online Makanan Harian Kantoran Murah Di Jakarta Selatan.

1. Memiliki Kandungan Protein Yang Tinggi

Ayam adalah salah satu makanan yang memiliki jumlah protein yang tinggi. Protein berperan penting dalam diet tubuh kita. Protein membantu tubuh kita untuk membuat asam amino, yang merupakan zat penting untuk pembuatan otot tubuh. Umumnya, jumlah kebutuhan protein harian yang direkomendasikan adalah 1 gram per 1 kg berat badan.

2. Kaya Akan Vitamin & Mineral

Ayam bukan hanya sumber protein yang baik. Tetapi juga sangat kaya akan vitamin dan mineral. Misalnya, vitamin B yang berguna dalam mencegah penyakit katarak dan gangguan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan rasa lelah, mengatur pencernaan, dan memperbaiki sistem saraf. Vitamin ini juga membantu dalam mencegah migrain, gangguan jantung, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Selain itu vitamin D pada ayam dapat membantu penyerapan kalsium dan penguatan tulang. Vitamin A membantu dalam menyehatkan penglihatan dan mineral seperti zat besi sangat membantu dalam pembentukan hemoglobin, pergerakan oto, dan menghilangkan anemia. Kalium dan natrium berguna sebagai elektrolit. Selain itu fosfor dalam daging ayam sangat membantu dalam mengatasi kelelahan, kesehatan tulang, fungsi otak, perawatan gigi, dan masalah metabolic tubuh. Baca juga : Bahaya Kurang Minum Air Putih Di Tempat Kerja

3. Menurunkan Berat Badan

Diet dengan jumlah kadar protein yang tinggi telah diketahui sangat efektif dalam mengurangi berat badan. Dan ayam telah menjadi salah satu makanan yang sangat berfungsi dalam penurunan berat badan. Studi dan uji coba juga telah menunjukkan bahwa, orang-orang yang sering mengkonsumsi daging ayam lebih dapat menjaga berat badannya.

7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan
Sumber : organicfacts.net

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain itu mengkonsumsi daging ayam ternyata bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan kepada orang-orang yang memiliki penyakit hipertensi di Amerika.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Studi telah menunjukan bahwa orang-orang non-vegetarian yang banyak mengkonsumsi daging merah seperti daging babi / ham dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sementara pada orang-orang yang mengkonsumsi ayam dan ikan, risiko terkena kanker ini sangat kecil. Walaupun buktinya tidak pasti.

6. Mengurangi Kolesterol

Jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang ditemukan pada daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba jauh lebih tinggi dari pada kadar kolesterol yang ditemukan pada ayam, ikan, dan sayuran. Oleh karena itu, American Heart Association telah menyarankan untuk mengkonsumsi daging ayam atau ikan daripada daging merah untuk menurunkan risiko kolesterol dan perkembangan penyakit jantung. Kemudian AHA juga mengatakan bahwa mengkonsumsi ayam atau ikan harus dibatasi dan jangan sampai berlebihan. Karena konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.

Manfaat Daging Ayam

7. Mengobati Penyakit Flu

7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan yang terakhir adalah dapat mengobati penyakit flu. Mengkonsumsi sup ayam hangat juga dapat memberikan rasa lega dari pilek, termasuk gejala seperti hidung yang sesak dan sakit tenggorokan.

Penyebaran Ayam

Ayam adalah jenis unggas yang paling dikenal di dunia. Menurut penelitian, lebih dari ribuan tahun yang lalu ayam telah dijinakkan dan dikonsumsi sebagai makanan. Dipercaya bahwa ayam pertama kali dijinakkan di India ribuan tahun yang lalu, terutama untuk adu ayam dan kemudian sebagai bahan konsumsi. Kemudian, ayam menyebar ke wilayah lainnya di Asia, Afrika, Eropa, dan akhirnya Amerika, di mana ia dibawa oleh orang-orang dari Eropa.

Sampai abad ke-19, ayam sering diternakan di rumah. Baik untuk diambil dagingnya, telurnya ataupun digunakan dalam sistem barter. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan berubah menjadi peternakan skala besar karena meningkatnya permintaan daging ayam di kota-kota besar.

Budidaya ayam berskala besar memunculkan banyak jenis ayam baru yang dikembangbiakan oleh para peternak, untuk meningkatkan jumlah produksi ayamnya. Terlepas dari banyaknya jenis ayam yang dikembangkan, Ayam memiliki nilai gizi yang tinggi.

Nilai Gizi Ayam

Menurut USDA, (100 g) Ayam memiliki :

kadar air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium 11 mg), zat besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Sedangkan vitamin yang dikandung adalah vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Sekian informasi mengenai 7 Manfaat Luar Biasa Daging Ayam Untuk Kesehatan dari kami. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk di share ya. Terima Kasih.